Jumat, 16 Maret 2018

Sebuah Pertemanan




  Ketika Silaturahmi



Mempunyai teman yang banyak dalam sebuah pergaulan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri 
bagi saya hususnya dan bagi kalian sebagai pembaca artikel ini tentunya. 


Mempunyai teman yang banyak dalam sebuah pergaulan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya hususnya dan bagi kalian sebagai pembaca artikel ini tentunya. 

Karena dengan mempunyai teman kita akan memperoleh keberuntungan-keberuntungan. Baik keberuntungan rizki, mendapatkan bantuan ketika dalam keterpurukan atau kesusahan yang tiada berkesudahan. Di manapun dan ke manapun kita pergi jika mempunyai teman pada lokasi yang kita tuju maka beruntunglah kita. 


Dalam ajaran Islam teman dalam pergaulan adalah orang-orang yang peduli pada kita, dengan catatan teman tersebut tidak akan menggiring kita pada hal-hal yang bersimpangan dengan didikan agama. Namun pada kenyataannya ada juga teman-teman yang sengaja mengajak kepada kita untuk berjalan berbelok ke kiri, bahkan pada kemaksiatan. Pintar-pintarnya saja kita memilih seorang teman yang nantinya pasti akan membawa dampak kepada kita, keluarga kita, bahkan masyarakat sekitar kita.



Ketika Menghadiri Undangan    



Dampak baik dan buruk akan menimpa diri seseorang akibat dari sebuah pergaulan tersebut. Dampak di dunia juga nantinya di akhirat.

Lalu, begitu signifikankah dampak baik dan buruk berteman dengan seseorang yang akan menggiringnya pada keterpurukan hidup atau yang akan menggiringnya pada kebaikan-kebaikan hidup?

Lalu bagaimana agar seseorang terhindar dari teman yang mengajak kepada kejelekan?



Dampak berteman bagi seseorang


Teman adalah orang ke tiga di luar keluarga kita, dan guru di sekolah. Ketika kita mempunyai masalah maka temanlah yang membantu kita. 



Namun tidak semua teman dapat menyisihkan waktunya untuk membantu teman lainnya. Terkadang karena kesibukan yang menghadangnya, mereka tidak dapat selalu ada buat kita.

     Saat'saat yang membahagiakan


Saya sangat terusik dengan kata-kata indah dari seorang seniman, penyair dan penulis Lebanon Amerika ini;

“Sahabat yang baik adalah mereka yang mengisi kekuranganmu dan bukan mengisi kekosonganmu.”(Kahlil Gibran)



Teman adalah anugerah yang terindah yang Allah hadiahkan untuk seseorang. Jika seorang sahabat baik pada seseorang, maka dia akan melindunginya. 

Jika ia melihat sesuatu yang kurang baik darimu , maka ia akan mengingatkanmu dan menutupnya. Ketika ada kesalah pahaman maka ia akan mengalah demi kepentingan pertemanannya.

Rosulullah SAW. Bersabda:

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli mnyak wangi darinya, dan kalaupuntidak, engkau akan mendapatkan bau harum darinya. Sedangka pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakianmu, dan kalaupun  tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”(HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)




Mempunyai teman akan mengakibatkan 2 hal yang tidak mungkin kita dapat hindari. Hal pertama mendapatkan kebaikan, dan yang ke dua mendapatkan kejelekan. 

Jika kita mendapatkan teman yang baik, dan bergaul dengannya. maka kita akan menjadi baik dan sebaliknya jika kita bergaul dengan teman yang perangainya buruk, maka kita akan mendapatkan keburukan pula, atau bahkan kemaksiatan.


Ketika seseorang mempunyai teman yang sholeh, maka banyak manfaat yang didapatkannya. Paling tidak seseorang tersebut akan tercegah dari perbuatan-perbuatan buruk serta maksiat, ataupun terhindar dari kata-kata kotor. Teman yang sholeh akan senantiasa menjaga temannya dari hal-hal maksiat dan senantiasa selalu mengajak kepada kebaikan. 

Dan tanpa disadari ia akan mencontoh peri laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mampu untuk menguatkan iman, dan senantiasa terus menebarkan kebaikan di mana-mana.



Manfaat memiliki teman yang baik, akan dibawa sampai ke akhirat kelak, bukan hanya di dunia fana. Teman yang kita punya akan memiliki kedudukan tersendiri dalm hidup kita atau seseorang. Tanpa teman, jalan hidup yang akan dilalui oleh seseorang akan menjadi sepi, hampa dan berat. Ketika kita salah melangkah, maka temanlah yang akan mengingatkan, begitu pula sebaliknya.





Rasulullah SAW. Bersabda;

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.”(HR.Abu Daud,no.4833;Tirmidzi,no.2378,dan Ahmad,2:344.Al-Hafizh Abu Thahir mengatakn bahwa sanad Hadits ini shahih)



Imam Al-Ghazali rahimahullah mengatakan,


“Bersahabat dan bergaul dengan orang-orang yang pelit, akan mengakibatkan kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang zuhud, membuat kita juga akan ikut zuhud dalam masalah dunia. Karena memang asalnya seseorang akan mencontoh teman dekatnya.”(Tuhfah Al-Ahwadzi, 7:94)




Faedah Mempunyai Teman


Faedah dari pada mempunyai teman yang baik dan sholeh antara lain:



1.Akan mengajak kita untuk beramal shalih, serta akan mengingatkan kita ketika salah langkah

2.Senantiasa tolong menolong dalam hal kebaikan
3.Selalu mendoakan yang terbaik bagi temannya
4.Dapat menimba ilmu kebaikan darinya
5.Akan dibangkitakan bersama temannya di akhirat nanti
6.Mempererat tali silaturahmi


Dan sebaliknya kerugian memiliki teman yang buruk perangainya, anatara lain;
1.Akan terjerumus dalam kemaksiatan
2.Akan membahayakan diri sendiri baik di dunia dan di akhirat kelak
Apa yang saya paparkan di atas semoga kita dapat mengambil hikmahnya. Dan semoga kita terhindar dari teman-teman yang perangainya buruk. Yang akan menyeret kita pada hal-hal yang berbau kemaksiatan, na’udzubillah ....

Semoga kita dipertemukan Allah dengan teman-teman yang baik serta sholih shalihah baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin...


Jombang, 16 Maret 2018

Penulis: Nur Zaidah


Referensi:

1.http://pengertianpertemanan.blogspot.co.id/201505/a.html?m=1

2.http://muslim.or.id/887

3.www.kabarmakkah.com/2016/04/ini-3-manfaat-memiliki-teman-yang-baik-menurut-islam.html

4.http://rumayso.com/13311-manfaat-teman-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi