Selasa, 27 Maret 2018


Asal Mula Hari Air Sedunia




Word Day For Water atau hari air sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret 1993. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia, tepatnya pada tahun 1992 PBB yang mengurusi lingkungan dan pembangunan (UNCED-United Nations Conferece on Environment and Development), mengadakan Sidang Umum Majelis Umum di Rio Jeneiro Brazil, pada 22 Desember 1992. Sejak itulah diperingati hari air sedunia.

Asal Mula Hari Air

Air merupakan sumber daya alam yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup di dunia ini. Karena air adalah salah satu tanda adanya suatu hidup dan kehidupan, atau peradaban manusia.

Salah satu kebutuhan manusia untuk bertahan hidup di dunia adalah air. Manusia dapat hidup di dunia ini karena ada air, tidak ada manusia satu-pun yang mampu bertahan hidup tanpa adanya air. Air sangat bermanfaat bagi manusia, untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk minum, mandi, mencuci, dan lain-lain. Sebab itu sudah sewajarnyalah setiap manusia berhak mendapatkan sumber air bersih bagi kelangsungan hidupnya.

Namun kenyataan yang kita lihat banyak sekali manusia yang tidak mendapatkan sumber air bersih, sehingga mendatangkan kesulitan dalam menjalani kehidupannya.

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab itu semua, mulai dari keadaan geografis tiap daerah yng berbeda. Lalu, bisa juga adanya pengolahan sumber air yang keliru, sehingga tidak dapat maksimal melayanani masyarakat karena terjadi adanya pengelolaan sumber daya air yang salah sehingga, merusak sumber air tersebut. Sehingga menerbitkan keprihatinan pada lembaga air dunia.

Penggunaan air yang berlebihan, membuang air dengan menggunakan keran air yang melimpah setiap hari.

Fakta adanya satu diantara sembilan orang (2,1 milyar penduduk dunia) belum memiliki akses air yang merupakan hak azazi manusia. Yang otomatis sangat berpengaruh pada kesehatan mereka, pendidikan, serta mata pencaharian mereka.

Penyebab-penyebab di ataslah yang menjadikan keprihatinan pada lembaga dunia tersebut di atas atau lembaga PBB yang mengurusi lingkungan dan pembangunan.

PBB bersama anggota negara telah mempromosikan konservasi air secara global melalui kegiatan yang nyata. Kampanye ini secara khusus dipromosikan oleh salah satu badan PBB dan bekerja sama dengan masyarakat untuk mendengarkan dan memahami tentang masalah air dan berkoordinasi dengan kegiatan Internasional untuk Hari Air Sedunia.

Adapun tujuan utama Hari Air Sedunia (Word water Day) adalah untuk mengundang semua kalangan masyarakat, baik personal maupun organisasi untuk ikut serta berperan sertamembantu mereka yang kesulitan sekligus menjaga berbagai sumber air yang ada di muka bumi.

pemilihan tema pada setiapan peringatan hari air dipercayakan pada sebuah badan lembaga koordinasi yang disebut dengan un-water atau united nation water. Yang Bertanggung Jawab Terhadap Pelaksanaan Segala Usaha Dan Tindakan Yang Berkaitan Dengan Dunia Air, Baik Sumber Di Darat, Di Laut.

Mengingat Hari Air Sedunia melibatkan banyak sekali unsur dan pihak untuk memastikan tujuan akhirnya terlaksana, pad atahun 2003, dibentuk sebuah badan koordinasi yang dikenal dengan UN-Water. Badan ini dibentuk setelah pelaksanaan Pertemuan Dunia Tentang Pembangunan Yang Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development)

UN-Water adalah singkatan dari United Nation Water, badan antar agensi yang merupakan koordinator bagi semua stakeholder dalam pelaksanaan segala usaha dan tindakan yang berkaitan dengan Dunia Air, baik sumber air di darat dan di laut. Badan ini merupakan penanggungjawab dalam pelaksanaan peringatan Hari Air Sedunia.(zaida)

Jombang, 28 Maret 2018


Referensi;
1.http://www.berberita.com/2017/01/35-arti-mimpi-air-melihat-jernih-keruh-banjir-laut-sungai.html
2. https://eloratour.wordpress.com/tag/sejarah-hari-air-sedunia/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi